ISO 9001:2008   fb twitter youtube Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang  
 
   
   
BERITA
 
 
Jam layanan Perpustakaan kembali normal
 Malang, 19/07/2016

Pemustaka, memasuki bulan Juli tahun 2016, berbarengan dengan masa aktif sekolah serta institusi pendidikan, Perpustakaan Umum Kota Malang, siap melayani pemustaka dari berbagai kalangan. Pelajar, mahasiswa, pegawai hingga masyarakat umum.
Jam layanan kami sudah kembali normal, yaitu :
Senin - Jumat : 08.00 - 20.00
Sabtu - Minggu : 09.00 - 16.00

Khusus hari libur nasional, kami menutup layanan. Manfaatkan semua fasilitas gratis yang terdapat di Perpustakaan. Pendaftaran anggota, baik dari dalam kota maupun luar Malang, secara gratis siap kami layani. Ribuan buku, siap dipinjam secara gratis.Ruang baca nyaman, serta tambahan fasilitas WiFi yang juga gratis, bisa dinikmati selama 12 jam.
Ayo, ke Perpustakaan


Selamat Idul Fitri
 Malang, 12/07/2016

Tak terasa, bulan Ramadhan telah berlalu. Kantor Perpustakaan Umum dan ARsip Daerah Kota Malang, beserta seluruh karyawan-karyawati, mengucapkan "SELAMAT IDUL FITRI 1436H, Mohon maaf lahir dan batin"
Dengan tulus, kami, memohon maaf kepada seluruh masyarakat dan pemustaka, yang selama ini kami layani. Apabila ada pelayanan kami yang kurang berkenan, baik itu tindakan, sikap, maupun kata-kata, kami mohon maaf sebesar-besarnya.


Bukber seru di Perpustakaan bersama Aksara Tumapel
 KPAD News 10/06/16

Wajah riang dan gembira nampak tergaris pada senyum anak-anak yatim piatu dari berbagai panti dan yayasan di Kota Malang ketika menginjakkan kakinya di Perpustakaan Umum Kota Malang. Mereka sekitar 400 anak sedang mengikut acara buka bersama. Adalah Aksara Tumapel yang digawangi oleh Liga Alam, penulis sekaligus pemerhati sosial anak bekerja sama dengan Pemimpin Panitia, Taufik yang menggelar acara tersebut. Acara yang sejatinya akan dihadiri Walikota Malang tersebut tetap berlangsung khidmat meskipun ada pembatalan karena Walikota menuju Masjid di Penanggungan untuk Safari Ramadhan. "Alhamdulillah, meskipun secara sederhana, anak yatim yang hadir sampai buka puasa mencapai 400 anak, dan ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 200 saja", papar Taufik saat ditanyai oleh beberapa wartawan yang hadir. Buka bersama yang disponsori oleh beberapa donatur ini sudah berjalan selama 11 tahun, dan setiap tahunnya rutin digelar di Perpustakaan Umum Kota Malang. "Insya Alloh tahun depan akan kami datangkan 1000 anak yatim piatu ke sini", pungkas Taufik diakhir wawancara dengan wartawan.


Perubahan jam layanan selama bulan Ramadhan
 Malang, 06/06/2016
Pemustaka sekalian, bulan Ramadhan telah tiba. Bulan yang dinanti, dan penuh dengan rahmat. Perpustakaan Umum Kota Malang, beserta seluruh staf dan karyawan, mengucapkan "Selamat menunaikan ibadah puasa" kepada yang menjalankan. Semoga amal ibadah kita diterima Tuhan Yang Maha Esa. Amin
Sehubungan dengan jam kerja PNS di seluruh SKPD lingkungan Pemerintah Kota Malang yang mengalami perubahan, maka jam layanan di Perpustakaan Umum Kota Malang juga ada perubahan.
Jam layanan Senin - Jum'at : 08.00 - 17.00
Jam layanan Sabtu - Minggu : 09.00 - 16.00
Demikian informasi terbaru tentang jam layanan Perpustakaan. Mohon maklum, dan kembali, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa.


Kunjungan kerja 5 instansi sekaligus dari Balikpapan
 
Hari ini, 03/06/2016, Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, menerima kunjungan kerja dari 5 instansi sekaligus. Yaitu Bappeda, PDAM, Bagian Pembangunan, Dinas Perhubungan, dan Kantor Arsip dan Perpustakaan. Kelima insatnsi ini, berasal dari 1 pemda, yaitu kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Selain kunjungan kerja, juga dilakukan studi banding oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan di Perpustakaan & Arsip Kota Malang, terkait pengelolaan perpustakaan dan juga pengelolaan arsipnya. Didampingi oleh beberapa pustakawan dan tenaga arsiparis, tamu dari Borneo ini berkeliling di Perpustakaan, melihat langsung bagaimana suasana Perpustakaan Kota Malang, bagaimana proses pengolahan bahan pustaka dan juga bagaimana pengolahan berbagai macam arsip yang diterima dari beberapa SKPD di Pemerintah Kota Malang.
Semoga kerjasama yang baik akan terus terjalin antara Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang dengan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan.


Kunjungan PAUD Anak Soleh Candi Panggung Malang
 KPAD News, 08/09/15

Sebanyak 70 anak didik dari PAUD Anak Saleh yang beralamat di Jalan Candi Panggung Indah Malang mengunjungi Perpustakaan Umum Kota Malang. Mereka datang secara berombongan untuk mengetahui bagaimana dan apa saja yang ada di Perpustakaan. Susana Yulli selaku pustakawan di ruang baca anak menyambut rombongan tersebut dan segera mengajak mereka untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar menjadi anggota, cara meminjam buku serta bagaiman memanfaatkan layanan ruang baca anak. Diharapkan mereka nanti akan mengajak orang tua untuk berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan minat baca.

Santoso Mahargono


Sekolah Alam juga ke Perpustakaan loh....
 KPAD News, 02/09/15

Sekolah Alam Generasi Rabbani Gondanglegi Malang mengajak 22 siswanya berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Malang. Rombongan diterima oleh staf ruang baca anak, Ayuna Dwi Praptiwi dan dengan masih menggunakan sepatu boot ala alam, mereka mendengarkan penjelasan tentang Perpustakaan, bagaimana cara mendaftar anggota, bagaimana memanfaatkan layanan sirkulasi serta buku apa saja yang dimiliki oleh Perpustakaan. Anak-anak tersebut selain berkunjung juga mendapat tugas membuat resume yang nantinya akan diceritakan kembali di kelas alam. "Mereka ini masih kelas tiga, dan tugas mereka nanti membaca, meringkas lalu bercerita didepan teman-temannya tentang apa saja yang dia baca", jelas Elva salah satu guru pendamping sekolah alam generasi Rabbani ini.

Santoso Mahargono


Kota Malang segera memiliki GPMB
 KPAD News 02/09/15

Sebuah seminar yang membahas tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca telah diselenggarakan oleh organisasi GPMB atau Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca di Yogyakarta. Seminar ini sekaligus sebagai wahana Musyawarah Nasional (MUNAS) GPMB ke V selama 3 di hotel Garuda Yogyakarta tanggal 2-4 September 2015. Dipilihnya Yogyakarta sebagai tuan rumah Munas GPMB karena geliat pergerakan minat baca di kota ini sangatlah dinamis dan didukung oleh seluruh komponen masyarakat termasuk pimpinan daerah. Sehingga tak heran jika indek minat baca di Yogyakarta termasuk paling tinggi secara nasional, bahkan Siti Indriastuti yang terpilih sebagai Pustakawan Teladan tahun 2015 juga berasal dari Gunung Kidul Yogyakarta. Turut memberi pencerahan pada acara tersebut adalah Bupati Kulonprogo, Kak Seto dan Sekda Provinsi Yogyakarta dengan beragam materi menarik dan menggugah kita akan pentingnya pemasyarakatan minat baca. Perpustakaan Kota Malang yang turut serta dalam acara tersebut juga memanfaatkan sebagai ajang bertukar pikiran, studi banding serta berencana membentuk GPMB Kota Malang pada tahun 2016.

Santoso Mahargono


Road Show minat baca Perpustakaan Nasional RI
 KPAD News 31/08/15

Berbagai upaya dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI dalam rangka memasyarakatkan budaya baca buku. Salah satunya melalui gelaran yang bertajuk Road Show Minat Baca. Tidak hanya menampilkan artis ibukota Budi Doremi, di event yang penuh dengan semangat tersebut juga digelar lomba mewarnai bagi anak TK, lomba melukis bagi anak SLTP serta lomba jingle perpustakaan bagi anak SLTA. Kemeriahan lomba yang sudah dimulai sejak pukul 7 pagi ini diakhiri pada pukul 10 berbarengan dengan hadirnya Ibu Hj. Sri Sularsih beserta rombongan dalam membuka gelaran Road Show Minat Baca. tak kurang sekitar 300 undangan memadati halaman parkir perpustakaan umum Kota Malang mulai dari siswa, tokoh masyarakat, perwakilan organisasi kepemudaan, FORPIMDA, kepala perpustakaan perguruan tinggi, pemerhati perpustakaan, lurah, camat serta perwakilan dari Perpustakaan daerah lain seperti Ponorogo, Situbondo, Probolinggo, Batu, dan daerah lain di Jawa Timur. Acara yang dikemas menarik ini sekaligus mengukukuhkan Perpustakaan Umum Kota Malang sebagai perpustakaan kabupaten/kota yang kalibernya sudah internasional. "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan pemerintah Kota Malang, bahwa Perpustakaan Umum Kota Malang mampu bertahan dalam memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat sehingga tingkat kunjungannya sangat tinggi diantara perpustakaan lain di Indonesia, bahkan kalau boleh Perpustakaan Umum Kota Malang sudah sekaliber dengan Perpustakaan Internasional", demikian penjelasan Hj. Sri Sularsih selaku Kepala Perpusnas RI dihadapan hadirin.

Santoso Mahargono


TK Al Izzah Kota Batu belajar di Perpustakaan Kota Malang
 KPAD News 26/08/15

Kurang lebih sebanyak 50 siswa-siswi TK Al Izzah kelas A dan kelas B terlihat bahagia ketika kendaraan yang membawa mereka tiba dihalaman parkir Perpustakaan Umum Kota Malang. Didampingi 4 orang ustadzah mereka dengan tertib satu persatu turun dari kendaraan dan berbaris untuk berkumpul di halaman parkir. Ayuna Dwi Parptiwi, staf ruang baca anak yang menerima rombongan tersebut seperti biasa menyambut dan memberikan semangat kepada anak-anak agar nanti mengajak orang tuanya ke perpustakaan untuk membaca buku. Selanjutnya rombongan masuk ke perpustakaan dan mendapatkan penjelasa tentang tata cara pendaftaran menjadi anggota, berkeliling di ruang perpustakaan, membaca buku serta melihat film pendidikan.

Santoso Mahargono


 
     
     Home | Berita | Kontak
    
     Copyright (C) 2013 Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang - Jawa Timur - Indonesia