ISO 9001:2008 
Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang  
 
   
   
BERITA
 
 
Braille Corner, fasilitas khusus untuk pemustaka tuna netra
 


Malang, 22/09/2016

Pemustaka, Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang, merupakan penyedia layanan baca bagi sleuruh masyarakat Kota Malang pada khususnya dan warga luar Malang pada umumnya. Semua lapisan masyarakat kami layani, mulai usia PAUD, TK hingga mahasiswa perguruan tinggi dan masyarakat umum. Tak terkecuali bagi penyandang difabel.
Khusus untuk difabel tunanetra, Perpustakaan Kota Malang telah menyiapkan fasilitas khusus, yaitu Ruang Braille Corner. Semenjak diresmikan bulan Mei 2015 lalu, ruang khusus ini telah banyak dimanfaatkan kawan difabel tunanetra di Malang dan sekitarnya.
Dengan fasilitas antara lain koleksi buku Braille, Papan Riglet, Digital Talking Book, koleksi buku digital dalam format CD Audio, 4 unit PC khusus yang dilengkapi screen reader, sambungan internet, serta scanner khusus penerjemah, selalu siap dimanfaatkan sesuai jam layanan kami.
Ada beberapa petugas yang siap membantu, serta Pustakawan yang telah mengikuti pelatihan dari BPBI Kemensos RI di Bandung. Jadi, bila anda ataupun rekan yang ingin memanfaatkan layanan Braille Corner, silakan langsung menghubungi Perpustakaan untuk dibantu prosesnya, karena ruang khusus ini hanya dibuka bagi rekan difabel.
Semoga bermanfaat dan selamat menggunakan layanan kami


Penambahan WiFi di Perpustakaan Umum Kota Malang
 


Malang, 19/09/2016

Pemustaka, maish berkaitan dengan berita sebelumnya, tentang adanya panambahan fasilitas di Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Dalam upaya menambah kenyamanan pemustaka dan pengunjung, serta memperbanyak sumber daya informasi sebagai pelengkap sajian pustaka, Perpustakaan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Malang serta PT Telkom, melakukan pemasangan jaringan WiFi baru. Penambahan 1 access point yang berlokasi di area lobby Perpustakaan ini, menambah jaringan WiFi yang sudah ada sebelumnya di lantai 2/ruang baca umum Perpustakaan. Dengan jaringan baru ini, diharapkan mampu mengcover area yang lebih luas, sehingga pengunjung dapat mengakses internet secara gratis melalui berbagai gadget. Entah itu laptop maupun smartphone.
Jadi, kini ada 2 saluran WiFi di Perpustakaan Umum Kota Malang. Di ruang baca umum lantai 2, dengan SSID Perpustakaan_Wifi_Free, serta di area lobby dengan SSID Free-Wifi-Kominfo-MalangKota. Khusus SSID di lobby/Kominfo, ada menu tambahan yang perlu diklik untuk bisa mengakses secara gratis. Yaitu, pilih/klik "Lanjutkan" saat masuk menu utama. Sedikit berbeda dengan Perpus Wifi di lantai 2 yang tanpa perlu memilih menu apapun, tinggal langsung dikoneksikan saja.
Selamat memanfaatkan layanan kami, dan pergunakan internet dengan bijak.


 
     
     Home | Berita | Kontak
Copyright (C) 2016 KPAD Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang
Jawa Timur - Indonesia