ISO 9001:2008   fb twitter youtube Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang  
 
   
   
BERITA
 
 
Waspada penipuan via SMS mengatasnamakan Perpustakaan Umum Kota Malang
 KPAD News, 23 Mei 2015
Beberapa hari belakangan, penipuan lewat SMS kembali marak. Jika sebelumnya berkedok undian, ataupun minta pulsa, sekarang juga mencatut nama instansi pemerintahan, termasuk Kantor Perpustakaan Umum Kota Malang. Penipu yang mencatut Perpustakaan, bardalih melaksanakan penagihan pinjaman buku yang terlambat dikembalikan. Tapi, ujung-ujungnya, meminta sejumlah uang atau pulsa ke nomor handphone tertentu.
Melalui media ini, kami menghimbau pemustaka dan anggota Perpustakaan Umum Kota Malang, agar berhati-hati dan tidak terjebak dengan modus ini. Perpustakaan Umum Kota Malang, secara resmi, tidak melaksanakan penagihan pinjaman buku yang terlambat dikembalikan melalui SMS. Kami melaksanakan penagihan langsung dengan staf khusus kepada anggota yang bersangkutan.
Waspada penipuan..informasi lebih lanjut silakan mengakses website, atau kontak email resmi Perpustakaan.


Peresmian Ruang Baca Tunanetra (Braille Corner) Perpustakaan Umum Kota Malang
 KPAD News, 22 Mei 2015
Jum'at, 22 Mei 2015, secara resmi, Braille Corner di Perpustakaan Umum Kota Malang dibuka. Acara seremonial dilaksanakan dengan melibatkan tunanetra dari Panti Rehabilitasi Tunanetra Janti-Malang sebagai pengisi acara, mampu membuat undangan terpana dengan kemampuan mereka yang bahkan, melebihi orang awas/normal. Mulai dari pembawa acara/MC, dirigen, penyanyi hingga pemain musik, semua adalah tunanetra.
Bahkan, Hj Umi Farida, istri Walikota Malang, sempat terkesima dengan kemampuan salah satu tunanetra, yang membaca buku Braille dengan lancar, layaknya orang awas/normal.
Dalam sambutan Walikota Malang, yang diwakili oleh Asisten III Pemerintahan, menyampaikan, bahwa sudah diamanatkan dalam undang-undang, bahwa layanan difabilitas, merupakan hak yang juga harus diperoleh warganegara yang mempunyai keterbatasan fisik. Oleh karena itu, adanya Braille Corner di Perpustakaan Umum Kota Malang, merupakan salahsatu tindakan nyata Pemerintah Kota Malang dalam upayanya melayani semua warganya tanpa terkecuali.
Fasilitas Braille Corner yang sudah disediakan Perpustakaan Kota Malang, antara lain buku Braille, Digital Talking Book Player, Komputer khusus lengkap dengan internet, Scanner, Perangkat translate dari media cetak ke media suara, Reglet dan Papan tulis Braille. Kedepan, diharapkan koleksi buku Braille dan fasilitas penunjang lainnya akan semakin lengkap sehingga memudahkan penyandang tunanetra dalam mengakses ilmu pengetahuan.


Perpustakaan Kota Malang dalam genggaman
 KPAD News, 20/05/2015
Kecanggihan teknologi yang tak terelakkan, membuat banyak kemudahan dalam kehidupan. Kali ini, Perpustakaan Umum Kota Malang, membuat terobosan baru. Secara resmi, telah disiapkan aplikasi Perpustakaan berbasis Android, yang bisa Anda download di website Perpustakaan Umum Kota Malang, http://digilib.malangkota.go.id/mobile_library.php.
Cukup dengan mendownload, kemudian menginstall aplikasi kecil ini di ponsel android Anda, seakan Anda memiliki jalur khusus ke Perpustakaan di ponsel yang Anda genggam. Beragam kemudahan terangkum dalam aplikasi ini. Antara lain : Pendaftaran Anggota Online, Pencarian bahan pustaka/Katalog, melihat buku yang sedang Anda pinjam (khusus yang sudah menjadi anggota), memperpanjang pinjaman buku sendiri tanpa harus ke Perpustakaan (khusus anggota), jula mengirimkan saran-kritikan serta membaca resensi buku.
Jangan tunggu lama, langsung saja download dan install aplikasinya sekarang...


Bisa daftar anggota Perpus dari rumah lho
 KPAD News, 19/05/2015
Yup. Judul itu tidak dibuat-buat. Kini, pendaftaran anggota Perpustakaan Umum Kota Malang, bisa dilakukan dari rumah. Tidak dari rumah saja, dari warnet, kantor atau dimanapun juga bisa. Ya, dengan menggunakan sistem Pendaftaran Online, kami semakin mempermudah layanan bagi pemustaka dan masyarakat.
Terus, caranya bagaimana? Cukup buka website Perpustakaan Umum Kota Malang di http://digilib.malangkota.go.id. Setelah itu, akan muncul di menu, klik/pilih icon pendaftaran online. Silakan mengisi semua kolom sesuai dengan identitas Anda yang tercantum di KTP. Bila semua isian sudah terisi, klik next/selanjutnya. Nah, bila ada ketidaksesuaian data, Anda akan diminta melengkapi. Tapi, bila sudah lengkap, akan ada informasi pendaftaran online sukses, dan akan diberikan nomor anggota sementara, yang bisa didownload/disimpan dalam bentuk PDF. Bila malas mendownload, cukup diingat saja nama Anda, hehehehe. Lho, kenapa? Iya, karena nantinya, identitas Anda saat selesai daftar online, bisa nama, nomor anggota sementara, atau nomor KTP, ditanyakan petugas saat pencetakan Kartu Tanda Anggota/KTA.
Selanjutnya, silakan datang ke Perpustakaan untuk verifikasi data dan pegambilan foto. Setelah itu, mohon ditunggu maksimal 10 menit, untuk pencetakan Kartu Tanda Anggota. Nah, mudah kan??
Tapi, jangan lupa, ada batas waktu antara saat mendaftar online dan saat verifikasi/foto/cetak KTA. Kami memberikan waktu hingga 7 hari, untuk datang ke Perpustakaan guna pencetakan KTA. Bila melebihi 7 hari, data Anda akan otomatis terhapus sistem, sehingga Anda perlu mengulang proses pendaftaran online.
Sangat mudah bukan? Petunjuk cara pendaftaran online sudah tercantum di website kami. Apabila ada yang kurang jelas, bisa menghubungi kami lemat email : perpustakaan@malangkota.go.id, atau akun facebook, akun twitter Perpustakaan.
Selamat menggunakan layanan terbaru kami.


Yang baru dari Perpustakaan Umum Kota Malang...nantikan
 KPAD News, 12/05/2015
Pemustaka, seiring kemajuan teknologi yang semakin dekat dengan genggaman kita, Perpustakaan Umum Kota Malang juga tidak mau kalah. Akan segera hadir beberapa layanan terbaru kami untuk pemustaka, yang semakin memudahkan akses dengan Perpustakaan. Kok beberapa? Iya, karena tidak cuma 1 layanan saja lho. Apa itu? Ditunggu minggu depan ya...


Pelatihan pendampingan tunanetra oleh BPBI Abiyoso
 KAPD News 28/04/15
Sebanyak 20 orang staf Layanan Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang mendapat ilmu baru, yaitu pelatihan khusus dari Kementrian Sosial RI, melalui BPBI (Balai Penerbitan Braille Indonesia) Abiyoso Bandung. Pelatihan ini mengajarkan, bagaimana cara pendampingan saudara kita tunanetra dalam melakukan aktifitas di Perpustakaan. Mulai dari berjalan hingga mengakses layanan khusus Braille Corner di Perpustakaan, yang akan segera dilaunching.
Pelatihan ini mulai pengenalan dan cara baca-tulis Braille hingga cara membantu/menuntun tunanetra yang kesulitan menemukan akses.
Menurut bu Diah, Penyiap Standarisasi Braille BPBI ABiyoso, Perpustakaan Kota Malang merupakan salah satu pioneer penyedia Braille Corner di Perpustakaan, sehingga diharapkan, para difabel dapat terakomodir kebutuhan mereka akan pengetahuan berbasis bahan bacaan.
Selanjutnya, akan segera diresmikan Braille Corner di Perpustakaan Umum Kota Malang. Mohon dukungan dan supportnya.


Audit Eksternal oleh URS
 KPAD News, 19/11/14
Setelah beberapa hari lalu dilaksanakan audit internal, pada tanggal 19/11/14 pihak auditor eksternal dari URS melakukan audit eksternal di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Berbagai persiapan serta peninjauan berkas dokumen di lapangan telah siap untuk diperiksa sehari sebelumnya. Pihak auditor merasa puas oleh persiapan matang ini. Sehingga pada saat Rapat Tinjauan Manajemen atau RTM tidak banyak temuan yang mengarah pada kesalahan prosedur."Umunya temuan rata-rata pada himbauan atau saran perbaikan, sehingga kemungkinan pihak Perpustakaan Umum Kota Malang akan memperoleh kembali pengakuan ISO 9001:2009 dari URS dan hal ini patut dibanggakan", demikian sambut Kepala Kantor, Penny Indriani saat penutupan kegiatan audit eksternal di ruangannya.

Santoso Mahargono


Studi Banding dari Perpustakaan Kabupaten Serang Provinsi Banten
 KPAD News, 18/11/14
Sebanyak 6 orang dari pimpinan dan pustakawan Perpustakaan Umum Kabupaten Serang melakukan studi banding dalam rangka meningkatkan layanan Perpustakaan dan tingkat kujungan pemustaka ke perpustakaan umum. Rombongan yang diterima langsung oleh Kepala Kantor, Penny Indriani ini langsung melakukan diskusi dan berbagi pengalaman baik dari sisi organisasi, sumber daya manusia serta layanan yang diselenggarakan selama ini. Selanjutnya rombongan ditunjukkan langsung di titik-titik layanan guna memberikan pemahaman secara langsung dalam hal pelayanan di Perpustakaan Umum Kota Malang.

Santoso Mahargono


Pelaksanaan audit internal ISO 9001 2009
 KPAD News, 17/11/15
Menjelang akhir tahun 2014, seluruh pekerjaan, layanan, capaian sasaran mutu dan kinerja Perpustakaan Umum Kota Malang diperiksa secara berkala melalui kegiatan audit internal ISO 9001:2009. Pelaksanaan audit internal ini sendiri meskipun dilakukan oleh auditor internal tetap saja menjadi acuan dalam pelaksanaan audit eksternal yang selanjutnya akan dilaksanakan. Semua berkas dokumen, capaian dan sasaran mutu diperiksa satu persatu dan diberikan catatan perbaikan sesuai dengan temuan yang ada. Tradisi pemeriksaan atau audit ini sudah berjalan mulai tahun 2008 dan hingga kini Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang mampu mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2009 dalam hal manajemen mutu.

Santoso Mahargono


Tour Malang Fantasi oleh Perpustakaan Kabupaten Pamekasan
 KPAD News, 15/11/15
Judulnya memang bermimpi, atau berfantasi, demikian kira-kira yang ingin digapai Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan yang dipimpin oleh Bapak Akhmad Zaini ini. Judul kegiatan studi banding adalah Tour Malang Fantasi. Bukan hanya destinasi wisata, tetapi justru rombongan dari Pamekasan ini belajar dan berbagi pengalaman ke Perpustakaan Umum Kota Malang dalam rangka berbagai hal, seperti layanan, Teknologi Informasi, Perpustakaan keliling dan kegiatan yang didukung oleh CSR melalui Perpusseru dari Coca Cola. Rombongan yang terdiri dari pegawai dan pimpinan Perpustakaan Kabupaten Pamekasan tersebut sebanytak 20 orang dan diterima oleh Kasubag Tata Usaha, Surya Bettasari. Banyak diskusi dan berbagi pengalaman serta mengelilingi unit pelayanan di Perpustakaan Umum Kota Malang sebagai kegiatan utamanya.

Santoso Mahargono


 
     
     Home | Berita | Kontak
    
     Copyright (C) 2013 Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang - Jawa Timur - Indonesia