ISO 9001:2008   fb twitter youtube Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang  
 
   
   
BERITA
 
 
Dukung Perpus Kota Malang dalam AIKID, Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital
 Setelah meraih penghargaan sebagai Juara I Lomba Website antar SKPD se-kota Malang, kembali, website resmi Perpus, yaitu http://digilib.malangkota.go.id , ikut serta dalam kompetisi AIKID, Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital Kota Malang.
Kompetisi yang diikuti seluruh SKPD/instansi di bawah Pemerintah Kota Malang ini, menitikberatkan pada aksesibilitas website oleh masyarakat dan sejauh mana mampu melayani masyarakat umum.
Ayo dukung Perpus Kota Malang, dengan cara :
1. Manfaatkan layanan kami melalui website http://digilib.malangkota.go.id, pencarian/katalog buku, perpanjang pinjaman buku langsung/online dan lain-lain
2. Polling online melalui website http://mediacenter.malangkota.go.id/2014/08/pilih-website-favorite-anda/
Bila Anda puas, monggo, silakan pilih website Perpus. Bila tidak puas, silakan memanfaatkan layanan pengaduan melalui mailbox http://digilib.malangkota.go.id/mailbox.php
Dukungan Anda sangat kami harapkan lho..ayo, mas-mbak, bapak-ibu, adik-adik...pilih website kami, dan doakan kami menang
Tanpa Anda, kami bukanlah apa-apa...hanya layanan sepenuh hati yang berusaha kami sajikan.
Terima kasih ats dukungannya.


Senangnya mendapat bingkisan tas dan buku dongeng
 KPAD News, 15/09/14
Anak-anak adalah dunia imajinasi, dunia penuh bermain dan canda. Sambil bernyanyi mereka tetap saja ceria dan lucu, apalagi ketika Bunda Ninik sedang menceritakan sebuah kisah seekor Linsang yang mencari sahabatnya seekor Ikan emas, mereka tetap menggemaskan. Sesekali ada yang ikut berteriak menirukan suara hewan dan sesekali ada yang bertepuk tangan ketika Linsang berjumpa dengan sahabatnya. Tapi tidak berhenti disitu saja, anak-anak yang datang dari TK Aba Gadang tersebut ternyata terkejut dan bersuka cita ketika beberapa mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang terdiri dari mahasiswa Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang mengarahkan mereka pada sebuah bingkisan, yaitu tas yang berisi buku dongeng. Begitu pula ibu-ibu yang mengantarkan mengucapkan terima kasih telah mendapatkan bingkisan tersebut. Perpustakaan Umum Kota Malang menggandeng Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan memang sengaja memberikan bingkisan tersebut dalam rangka peringatan Hari Kunjung Perpustakaan yang selalu diperingati secara nasional oleh seluruh perpustakaan pada tanggal 14 September 2014. Selanjutnya untuk minggu depan, (21/09) masih dalam tema yang sama, akan dilakukan pawai di Car Free day, untuk acaranya bisa diikuti langsung pada hari itu.


Mahabharata singgah di Perpustakaan Umum Kota Malang
 KPAD News, 14/09/14
Kisah mahabharata yang diputar di salah satu TV swasta di Indonesia ternyata dari dulu tetap menyita perhatian publik. Sebenarnya film tersebut sebelumnya sudah pernah diputar di Indonesia dengan versi artis dan tampilan yang berbeda, namun animo pemirsa rupanya sudah sangat dalam, sehingga tema beberapa bulan ini selalu membicarakan film tersebut. Tak ketinggalan pula di Perpustakaan Umum Kota Malang, masyarakat yang berkunjung di Perpustakaan sudah tahu bahwa setiap hari Sabtu dan Minggu siang selalu diputar film umum di lantai 1. Adanya film mahabharata di TV membuat masyarakat mencoba melontarkan usulan agar dapat diputar di Perpustakaan Umum Kota Malang. Akhirnya usulan tersebut diakomodasi dan pemutaran film mahabharata versi India dengan teks Indonesia diputar juga pada hari Minggu tanggal 14 September 2014 bersamaan dengan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan. Selamat menonton dan saksikan film-film lainnya setiap Sabtu dan Minggu, tentunya hanya di Perpustakaan Umum Kota Malang.

Santoso Mahargono


Kunjungan juri lomba Perpustakaan di SMP Santa Maria 2 Malang
 KPAD News, 10/09/14
Setelah melalui rangkaian penilaian administrasi dan presentasi profil perpustakaan pada tanggal 18 Agustus 2014 di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, maka pada hari Rabu sore (10/09) para dewan juri yang terdiri dari berbagai instansi tersebut melakukan kunjungan untuk melihat dari dekat 10 nominator Perpustakaan Sekolah terbaik tingkat SLTP se-Jawa Timur. Dewan juri penilai yang hadir saat itu dipimpin langsung oleh Badan Perpustakaan Provinsi Jawa Timur dan diikuti oleh 2 (dua) anggota juri dari FPPTI Jawa Timur serta dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan kunjungan tersebut pihak dari Pemerintah Kota Malang juga mendampingi, yaitu dari Kantor Perpustakaan Umum Kota Malang serta dari Dinas Pendidikan Kota Malang. Penilaian meliputi sumber daya manusia, anggaran, infrastruktur, program kegiatan, data koleksi serta dokumentasi. Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 16.00 dan berakhir pada pukul 19.00 WIB. tersebut memberikan harapan bahwa SMP Santa Maria 2 Kota Malang ke depan semakin maju dalam berkiprah dalam dunia Pendidikan, khususnya pengembangan layanan perpustakaan sekolah pada masyarakat sekitar.

Santoso Mahargono


Asa anak dalam pohon harapan
 KPAD News, 05/09/14
Sebagai perwujudan dalam menyampaikan cita-cita, seorang anak selalu berkaca pada imajinasi dan segala sesuatu yang dilihat di dekatnya, bisa melalui orang tuanya, saudaranya atau orang lain yang menurutnya baik. Begitulah memang dunia anak-anak, dunia yang penuh imajinasi, dunia yang penuh kegembiraan. Beranjak dari itulah, maka Ruang Baca Ramah dan Layak Anak di Perpustakaan Umum Kota Malang mengarahkan wujud cita-cita tersebut pada sebuah tulisan yang selanjutnya digantung di pohon, mirip sebuah cerita drama korea memang, tetapi tujuan kegiatan tersebut adalah untuk melatih anak-anak agar mampu mengungkapkan keinginannya, ide, bahkan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Semoga asa anak-anak yang penuh warna imajinasi itu kelak di masa yang akan datang akan terwujud sesuai dengan cita-cita yang luhur dan mulia bagi kejayaan Bangsa Indonesia. Majulah anak Indonesia.


Bimbingan Teknis Kearsipan Ditjen Asia Pasifik dan Afrika
 KPAD News, 29/08/14
Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Luar Negeri Ditjen Asia Pasifik dan Afrika dalam rangka Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip dan Peninjauan Arsip Daerah pada hari Jumat, tanggal 29 Agustus 2014. Rombongan dari Ditjen Kementerian Luar Negeri yang terdiri dari 35 orang tersebut diterima oleh Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, Penny Indriani beserta beberapa pejabat struktural dan pengelola arsip daerah. Acara yang diawali dengan perkenalan dan tukar cindera mata itu dilanjutkan dengan rangkaian melihat dari dekat layanan perpustakaan secara keseluruhan. Pada pukul 14.00 WIB. acara bimbingan teknis pengelolaan arsip dilaksanakan di Hotel Aria Malang dengan narasumber disampaikan oleh pengelola arsip dan calon arsiparis, Halik Asrofin.


Jalur searah di Semeru, pemustaka harus memutar bila hendak ke Perpustakaan
 Per hari ini, 26 Agustus 2014, jalur searah diuji coba di Jalan Semeru dan Jalan Kawi Kota Malang.
Singkatnya, untuk jalan Semeru, mulai perempatan Boldy/BCA, yaitu trafic light Jalan Semeru-Kahuripan sampai Jalan Ijen depan Perpustakaan, jalur searah diberlakukan dari arah timur ke barat saja.
Sedang untuk jalan Kawi, dari perempatan jalan Ijen/Bareng/Terusan Ijen, searah dari barat ke timur sampai perempatan jalan Merdeka/Alun-alun/Masjid Jami'.
Jadi, sekedar saran alternatif, untuk pemustaka dari arah barat/seputar jalan Ijen, bisa terus ke arah Jalan Kawi, belok kiri arah timur, kemudian setelah RS Melati Husada, bisa belok kiri, masuk jalan Taman Slamet, tembus masuk ke jalan Semeru, tinggal jalan sedikit, belok kanan untuk masuk ke Perpus.
Sedang dari arah timur, tentunya tidak ada masalah, karena jalur tetap ke arah barat.
Pihak Perpustakaan sendiri, masih menunggu proyek ujicoba ini, untuk mempertimbangkan pembukaan gerbang masuk Perpus di sisi barat, yaitu jalan Ijen, sehingga memudahkan akses masuk-keluar Perpustakaan.
Selamat jalan dan tetap berhati-hati di jalan.


Balai Pustaka batal ditutup....akhirnya
 Sebagaimana diberitakan di berbagai media sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, sempat berencana menutup PT. Balai Pustaka (Persero). Hal ini dikarenakan, perusahaan BUMN ini, yang dulu bernama PN Balai Pustaka, terus menerus merugi. Selain kurang efektifnya proses produksi, juga karena semakin sulitnya bersaing dengan media digital dan elektronik yang semakin banyak dan mudah diakses.
Batalnya penutupan Balai Pustaka, selain karena semakin membaiknya kinerja, juga karena desakan budayawan, yang sangat menyayangkan kalau aset pemerintah di bidang karya pustaka ini sampai ditutup dan hilang.
dikutip dari situs berita online yahoo,
http://id.berita.yahoo.com/diprotes-sastrawan,-balai-pustaka-urung-125935213.html,
"Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan urung menutup PT Balai Pustaka (Persero) karena menuai protes dari kalangan satrawan dan budayawan.

Dahlan mengungkapkan, kalangan satrawan dan budayawan menyesalkan kondisi Balai Pustaka yang hampir mati. "Sekarang sudah sehat, sudah bisa menerbitkan buku sastra," kata Dahlan, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Dahlan mengaku sempat berniat mematikan Balai Pustakan atas rekomendasi dari konsultan. Namun, karena menuai aksi protes dari para satrawan dan budayawan, Dahlan mengurungkan niat tersebut.

"Saya sudah ambil keputusan dulu, dari konsultan untuk dimatikan, tapi begitu saya umumkan untuk ditutupkan protes luar biasa dari budayawan dan sastrawan," ungkap dia.

Namun, saat ini kondisi perusahaan percetakan dan penerbitan buku plat merah tersebut sudah sehat. Hanya tinggal memperbaiki dari sisi keuangan.

"Karena elektronika sudah canggih, apakah masih bisa penerbit seperti Balai Pustaka diselamatkan, ternyata sekarang sudah sehat tinggal neraca masih negatif Rp 30 miliar dengan cara menyelesaikan seperti Jiwas Raya, labanya sudah Rp 5 miliar, sebagai pusaka bangsa Indonesia dan menjadi icon sastrawan bisa sehat kembali," pungkas dia."

Semoga sukses dan terus maju PT Balai Pustaka (Persero)


Website Perpustakaan juarai lomba website antar instansi se-kota Malang
 Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, dengan website http://digilib.malangkota.go.id, akhirnya menjuarai Lomba Website antar SKPD Kota Malang.
Melalui proses penjurian yang ketat, dengan berbagai kriteria dan juri independen dari media dan praktisi, akhirnya dipilih 5 pemenang yaitu Kantor Perpustakaan Umum sebagai juara I, Dinas Kesehatan juara II, Dinas Pendidikan meraih juara III, Dinas Kebersihan dan Pertamanan juara harapan I dan kecamatan Lowokwaru juara harapan II.
Semoga raihan prestasi ini semakin menambah semangat kami, untuk terus meningkatkan layanan bagi masyarakat Malang Raya dengan berbagai akses media.
Terima kasih kepada seluruh staf Perpustakaan, pemustaka dan pengunjung atas semua dukungannya.
Maju terus Perpus Kota Malang


Layanan Perpustakaan ditutup sementara
 Pemustaka sekalian, terhitung mulai tanggal 26 Juli 2014, Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, menutup semua layanan. Hal ini berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama. Bersamaan dengan libur tersebut, Perpustakaan juga sekaligus melaksanakan stock opname terhadap semua koleksi.
Rincian agenda penutupan layanan Perpustakaan :
26 Juli - 3 Agustus 2014, layanan ditutup, libur hari raya dan cuti bersama
4 - 10 Agustus 2014, stock opname koleksi, hanya membuka layanan pengembalian
11 Agustus 2014 dan seterusnya, layanan dibuka penuh seperti biasa
Demikian pengumuman dari Perpus Kota Malang, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.
Terima kasih


 
     
     Home | Berita | Kontak
    
     Copyright (C) 2013 Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang - Jawa Timur - Indonesia