ISO 9001:2008   fb twitter youtube Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang  
 
   
   
BERITA
 
 
Kendaraan Hias Perpus Raih Juara 3 Lomba Kendaraan Hias Kirab Budaya 2015
 KPU&A News, 26/08/2015

Pemustaka, masih ingat dengan berita beberapa waktu lalu, tentang keikutsertaan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, dalam Kirab Budaya Malang 2015?
Ya, Kirab Budaya sekaligus lomba kendaraan hias instansi se-Pemkot Malang ini ternyata telah diumumkan pemenangnya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui website http://budpar.malangkota.go.id/
Kendaraan hias Perpustakaan, dinyatakan meraih Penampil terbaik 3. Penampil Terbaik 1 diraih oleh rekan-rekan dari Dinas Pertanian Kota Malang, dengan kendaraan uniknya, cikar sapi lengkap. Sedangkan kendaraan hias dari PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) menempati posisi 2, diatas Perpustakaan dengan selisih poin tipis, yaitu 2 poin saja.
Semoga, hasil yang sebenarnya tidak ditargetkan ini, menjadi pemompa semangat kami, untuk makin dikenal masyarakat Malang Raya. Bukan hanya tampilan kendaraan hiasnya saja lho, tapi juga karena layanan kami, Perpustakaan Umum Kota Malang.
Segera, kunjungi dan manfaatkan semua layanan kami tanpa dipungut biaya alias gratis.

http://digilib.malangkota.go.id
email : digilib@malangkota.go.id
telepon : (0341)362005


Perpustakaan Kota Malang turut ramaikan Kirab Budaya Malang 2015
 KPU&A News, 20/8/2015
Tanggal 19 Agustus 2015 lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang kembali mengelar Kirab Budaya. Pawai budaya dan mobil hias memeriahkan HUT RI ke 70, dengan melibatkan semua instansi pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kota Malang, pendidikan, pelaku usaha dan bisnis dan lain-lain. Perpustakaan sendiri, menurunkan 1 unit kendaraan hias. Bertema "Ayo budayakan membaca dan peduli arsip" , kendaraan berdesain taman bunga dan dongeng ini, berupaya mengkampanyekan gemar membaca dan peduli arsip kepada masyarakat umum. Digawangi oleh salah satu pustakawan Perpustakaan, yaitu Fedy Loysius S, beserta beberapa kru, menampilkan pesan singkat berupa slogan tentang tema yang diusung Perpustakaan. Meski singkat, terbukti, pesan ini mampu menggelitik Walikota Malang H. Moh. Anton, untuk memiringkan kepala, berusaha membaca tulisan slogan yang dibentangkan oleh rekan-rekan di atas mobil hias.
Semoga, keikutsertaan Perpustakaan dalam Kirab Budaya 2015 ini, dapat menggugah semangat gemar membaca buku pada masyarakat kota Malang.



Kunjungan Tunanetra RSCN Janti-Malang ke Braille Corner
 KPU&A News, 10/8/2015
Pemustaka, Senin pagi ini, Perpustakaan Umum Kota Malang mendapat kunjungan spesial. Kenapa spesial? Karena yang berkunjung bukanlah pemustaka biasa, tetapi saudara kita dari RSCN Malang. RSCN adalah UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Netra (RSCN) Malang, yang berlokasi di daerah Janti. Bagi yang ingin tahu lebih tentang RSCN Malang bisa mengunjungi website http://rscnmalang.blogspot.com atau di http://dinsos.jatimprov.go.id/profil-upt/76-rehabilitasi-sosial-cacat-netra/761-upt-rehabilitasi-sosial-cacat-netra-malang.html
Kunjungan ini, selain merupakan upaya orientasi medan bagi siswa RSCN, juga diagendakan secara rutin untuk memanfaatkan layanan Braille Corner yang merupakan layanan baru dari Perpustakaan Umum Kota Malang. Sekedar mengingatkan saja, Braille Corner menyediakan layanan internet khusus tunanetra, bahan bacaan berupa buku Braille dan fasilitas pemutar buku digital berbasis audio (Digital Talking Book). Kedepan, Perpustakaan akan mengoptimalkan teknologi alih media, dari media cetak buku/majalah/tabloid menjadi media audio. Teknologi alih media ini telah dipergunakan di Perpustakaan Kota Malang, dan sedang berjalan untuk pendokumentasian hasil media audionya.
Layanan Braille Corner ini terbuka bagi siapa saja, penyandang difabilitas, terutama tunanetra. Seperti biasa, layanan Perpustakaan selalu gratis, jadi, silakan berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Malang dan memanfaatkan layanan kami.


Mohon maaf, layanan Perpustakaan terganggu
 KPU&A News, 9/8/2015
Pemustaka sekalian, sebelumnya kami mohon maaf. Karena ada kendala teknis dalam sistem database kami, semenjak Sabtu sore 8/8/2015, layanan sirkulasi yaitu peminjaman-pengembalian buku tidak dapat dilakukan. Kami sedang melakukan upaya teknis untuk secepatnya memulihkan hal ini. Sementara, untuk layanan lain seperti baca di tempat, internet dan fotokopi masih berjalan normal.
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terima kasih


Layanan Perpustakaan hadir di Alun-alun Kota Malang
 KPU&A News, 8/8/2015
Terhitung sejak tanggal 27 Juli 2015, layanan perpustakaan keliling hadir setiap hari di Alun alun Kota Malang. Dengan armada Toyota Hiace, dilengkapi sekitar 500 eksemplar buku dan fasilitas multimedia untuk pemutaran film edukasi, kami hadir mulai jam 09.00 - 16.00 hari Senin-Kamis, Sabtu 09.00 - 15.00 dan 10.00-16.00 di hari Minggu. Manfaatkan layanan baca di tempat dan pemutaran film serta dongeng (tentative)
Ceria, cerdas dan cemerlang menuju Malang bermartabat melalui budaya membaca buku.


Perpus buka kembali seperti biasa
 KPU&A News 27/07/2015

Selamat pagi pemustaka. Sebelumnya, admin dan seluruh staf Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, mengucapkan Selamat Idul Fitri 1436H, Mohon maaf lahir dan batin.
Layanan Perpustakaan telah dibuka kembali sejak tanggal 23 Juli 2015. Namun, kunjungan pemustaka ke perpus, memang masih terhitung rendah. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor, antara lain karena saat itu masih masuk masa liburan sekolah dan kuliah. Namun, seiring habisnya masa liburan, dan dimulainya tahun pelajaran baru pelajar sekolah, animo pemustaka mulai meningkat kembali. Yang masih terlihat menurun adalah pemustaka dari kalangan mahasiswa. Ya, bisa dimaklumi juga, karena masa perkuliahan baru akan dimulai kembali sekitar akhir Agustus 2015 dan September 2015.
Jam layanan Perpus tetap seperti biasa, yaitu
Senin - Jum'at 08.00 - 20.00 , Sabtu 09.00 - 16.00 dan Minggu 10.00 - 17.00. Selamat beraktifitas kembali dan memanfaatkan layanan kami


Libur Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Perpustakaan tutup
 KPU&A News, 10/07/2015
Berkenaan dengan libur hari raya Idul Fitri 1436 H dan cuti bersama tahun 2015, untuk sementara layanan di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang ditutup.
Penutupan layanan efektif dilaksanakan sejak tanggal 16 Juli 2015 sampai dengan tanggal 22 Juli 2015. Layanan dibuka kembali seperti biasa tanggal 23 Juli 2015 dan seterusnya. Untuk jam layanan setelah hari raya, akan kembali seperti semula, yakni :
Senin - Jum'at : 08.00 - 20.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 16.00 WIB
Minggu : 10.00 - 17.00 WIB

Demikian, atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih. Tak lupa, seluruh staf Perpustakaan Umum Kota Malang, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan.


Siraman rohani staf Perpustakaan Umum Kota Malang
 KPU&A News, 26/06/2015
Hari ini, Jum'at 26 Juni, bertempat di lobby Perpustakaan, diadakan siraman rohani singkat. Bersama Ustad H. Zaeroji, M.Pd dari MA Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu, Malang, seluruh staf dengan antusias mengikuti acara yang digelar di bulan puasa ini. Selain mengisi sisi spiritual, acara ini juga merupakan ajang kumpul bareng selain saat briefing/rapat rutin. Yah, harap dimaklumi, instansi ini merupakan salah satu ujung tombak layanan masyarakat Malang, jadi, begitu jam 8 tepat, semua staf sudah stand by di posisi masing-masing, siap melaksanakan pelayanan pada pemustaka yang juga sudah siap memenuhi Perpustakaan.
Selain pencerahan untuk staf dan karyawan, diharapkan acar ini mampu memotivasi, sehingga di bulan baik ini, dan juga bulan-bulan lain, agar berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah kepada Tuhan YME. Salah satu jalannya adalah meningkatkan toleransi-kebersamaan antar rekan kerja, dan...meningkatkan kualitas layanan pada pengunjung/pemustaka.
Semoga amal ibadah kita semua diterima oleh Tuhan YME. Amin


Selamat menjalankan ibadah puasa
 KPU&A News
Tak terasa, bulan Ramadhan telah dekat. Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Mohon maaf bila ada pelayanan kami yang kurang berkenan. Jam buka Perpustakaan mengalami sedikit perubahan, yaitu menjadi :
Senin - Jum'at : 08.00 - 16.30 WIB
Sabtu : 09.00 - 15.00 WIB
Minggu : 10.00 - 16.00 WIB


Waspada penipuan via SMS mengatasnamakan Perpustakaan Umum Kota Malang
 KPU&A News, 23 Mei 2015
Beberapa hari belakangan, penipuan lewat SMS kembali marak. Jika sebelumnya berkedok undian, ataupun minta pulsa, sekarang juga mencatut nama instansi pemerintahan, termasuk Kantor Perpustakaan Umum Kota Malang. Penipu yang mencatut Perpustakaan, bardalih melaksanakan penagihan pinjaman buku yang terlambat dikembalikan. Tapi, ujung-ujungnya, meminta sejumlah uang atau pulsa ke nomor handphone tertentu.
Melalui media ini, kami menghimbau pemustaka dan anggota Perpustakaan Umum Kota Malang, agar berhati-hati dan tidak terjebak dengan modus ini. Perpustakaan Umum Kota Malang, secara resmi, tidak melaksanakan penagihan pinjaman buku yang terlambat dikembalikan melalui SMS. Kami melaksanakan penagihan langsung dengan staf khusus kepada anggota yang bersangkutan.
Waspada penipuan..informasi lebih lanjut silakan mengakses website, atau kontak email resmi Perpustakaan.


 
     
     Home | Berita | Kontak
    
     Copyright (C) 2013 Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang - Jawa Timur - Indonesia