ISO 9001:2008   fb twitter youtube Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang  
 
   
   
BERITA
 
 
Mengagumi Allah melalui buku Satu karya Agus Mustofa
 KPAD News, 01/11/14
Sebuah awal yang bagus untuk November kali ini, karena Agus Mustofa, penulis tasawuf modern yang sudah banyak menghasilkan karya buku tersebut memberi kesejukan bagi pengunjung yang memadati ruang lobby lantai 1 Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Kerja bareng antara Togamas dan penerbit Padma Press ini menyuguhkan satu karya baru dari Agus Mustofa yang asli Malang itu dengan tajuk SATU. Padatnya pengunjung pada acara launching dan bedah buku tersebut menunjukkan betapa dahaga para pembaca mampu terpuaskan. Tempat duduk 300 terisi penuh hingga banyak pengunjung yang rela berdiri untuk mendengarkan paparan Agus Mustofa mengenai bukunya yang berjudul Satu tersebut. Perjalanan tasawuf Agus Mustofa semenjak kecil sudah dimulai dari pertanyaan kecil ayahnya mengenai Allah itu siapa, dimana, lalu bagaimana ciptannya dan lain sebagainya, sehingga ketika besar dan melanjutkan studinya di Jurusan Nuklir kemampuan berfikir Agus Mustofa akan kebesaran Allah semakin mendapat tambahan, baik dari peneliti, dosen, maupun ilmuwan didalam dan luar negeri. Buku yang menceritakan tentang kebesaran Allah dalam menciptakan alam raya beserta isinya ini menurut Agus Mustofa bertumpu pada Satu atom, satu inti, yaitu sel, dan inti dari sel yang ada di manusia bersemayam di otak yang jumlahnya ratusan milyar. Sehingga jika trend pengobatan kedepan menggunakan sistem transplantasi, maka tidak demikian bagi otak. Otak tidak dapat ditransplantasi, karena disanalah pusat pengaturan kehidupan tubuh manusia sebagai ciptaan Allah.


Orientasi lapangan dari pengelola arsip SKPD Kabupaten Berau
 KPAD News, 31/10/14
Setelah memperoleh pelatihan secara teknis pengelolaan Arsip Daerah di Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur, para pserta pelatihan diajak melakukan orientasi lapangan ke Kota Surabaya dan Kota Malang. Peserta yang merupakan perwakilan dari 57 SKPD di Kabupaten Berau ini adalah staf yang ditunjuk untuk mengelola arsip di SKPDnya masing-masing. Rombongan disambut oleh Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, Penny Indriani. Selanjutnya karena waktu yang terbatas rombongan langsung mengenalkan diri dan bertukar cindera mata lalu dilanjutkan naik ke record center yang berada di lantai 3 dan berpapasan dengan rombongan dari Provinsi Riau.


Dari Riau ke Malang hanya untuk Perpustakaan
 KPAD News, 31/10/14
Jum'at pagi tanggal (31/10) Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang kedatangan tamu dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau. Rombongan yang dipimpin oleh ibu Juwita tersebut sebenarnya ada kegiatan di Kota Surabaya, tetapi untuk mengetahui lebih dekat, maka rombongan sejumlah 14 orang akhirnya ke Kota Malang juga. Rombongan disambut oleh Relly Hermien, Pustakawan Madya Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Pada kunjungan tersebut rombongan dari Riau berbarengan dengan rombongan tamu dari Kabupaten Berau yang sama-sama melakukan studi banding di Kota Malang. Rombongan dari Riau akhirnya menuju lantai 3 untuk meninjau record center arsip dinamis dan meninjau pengolahan arsip inaktif.

Santoso Mahargono


Bahagianya MI At-Tarraqie Putra belajar di Perpustakaan Umum
 KPAD News, 30/10/14
MI At-Tarraqie Putra Kota Malang yang beralamat di Jalan Syarif Al Qodri No 35 Kota Malang membawa anak didiknya sebanyak 50 anak dari kelas 2. Rombongan juga didampingi oleh ustadznya ini bertujuan untuk belajar bersama di Perpustakaan Umum Kota Malang. Keceriaan anak-anak ketika sampai di halaman Perpustakaan dan di sambut oleh Susana, staf ruang baca anak. Susana menjelaskan bagaimana menjadi anggota perpustakaan serta koleksi apa saja yang dapat dimanfaatkan anak didik ketika berada di Perpustakaan. Rombongan kemudian mulai bergerak memasuki ruang baca anak kemudian di ruang baca umum dan ruang referensi. Terkahir anak didik tersebut bersama-sama membuat resume atau rangkuman yang telah mereka jalani mulai pagi sampai siang.


Orientasi Lapangan bagi pengelola Perpustakaan Sekolah Kota Balikpapan
 KPAD News, 24/10/14
Jum'at yang cerah menyambut kedatangan rombongan 25 orang dari pengelola perpustakaan sekolah yang didampingi oleh Kepala Kantor dan Pustakawan dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan. Maksud kedatangan rombongan tersebut adalah untuk meninjau langsung operasional di Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang serta meninjau Perpustakaan Sekolah SMA 3 Malang. Peserta yang rata-rata pengelola perpustakaan SMA itu sebenarnya telah mengikuti pelatihan pengelolaan perpustakaan di Kota Balikpapan dalam bidang pelayanan, teknis dan IT untuk Perpustakaan Sekolah. Eddy Yusuf, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan beserta rombongan diterima langsung oleh Penny Indriani, selaku Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang di ruang lobby lantai 1 didampingi oleh pejabat struktural dan pustakawan. Rombongan kemudian dibagi menjadi dua kelompok, dengan tujuan orientasi di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang dan kelompok berikutnya menuju SMA 3 Kota Malang. Mendekati jam 11 siang, rombongan berpamitan, tukar cindera mata dan tentunya foto bersama.


Orientasi Perpustakaan itu perlu
 KPAD News, 20/10/14
Guna mengenalkan perpustakaan pada anak didik, sebanyak 105 siswa dan siswi dari SMP Islam Ma'arif 03 Malang yang beralamat di Jalan Aluminium 30 Malang ini diboyong ke Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Mereka yang terdiri dari siswa-siswi kelas 7, 8 dan 9 itu secara seksama mendengarkan penjelasan dari staf perpustakaan, Susana, tentang manfaat, fungsi serta tujuan didirikannya Perpustakaan Umum. Mereka juga diberi penjelasan tentang bagaimana untuk mendaftar menjadi anggota perpustakaan serta memanfaatkan perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar. Rombongan selanjutnya diajak untuk membaca di ruang baca umum dan selanjutnya hasil dari membaca tersebut mereka susun resum atau ringkasan guna diserahkan kepada ibu Guru yang mendampingi mereka dalam kunjungan tersebut.


Rombongan Perpustakaan Kota Tasikmalaya ke Kota Malang
 KPAD News, 14/10/14
Untuk belajar dan berbagi pengalaman pada dasarnya tidak ada kata terlambat, untuk itulah 8 orang yang dipimpin oleh Hasriadi dari Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tasikmalaya Jawa Barat berkunjung ke Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Menurut Hasriadi, yang sekaligus pustakawan di Perpustakaan Kota Tasikmlaya, bahwa perkembangan dunia perpustakaan dan kearsipan melaju cepat, namun untuk mengimbangi kecepatan tersebut memang diperlukan Sumber Daya Manusia, Anggaran serta Program Kerja yang mumpuni. Selain itu, Peraturan Daerah tentang dukungan terhadap kinerja Perpustakaan dan Kearsipan juga perlu di wujudkan dalam menunjang kelancaran tugas. Diskusi dan berbagi pengalaman tersebut diterima oleh Nina Sudiarty selaku Kepala Seksi Akuisisi, Deposit dan Pengolahan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Selanjutnya untuk lebih mengetahui kondisi nyata di lapangan, rombongan dipecah menjadi 2, yaitu 4 orang ke seksi Kearsipan dan 4 orang berikutnya di seksi Perpustakaan. Rombongan meninjau ruang baca anak, ruang baca umum, serta record center untuk pengolahan arsip inaktif dan statis.


Bedah karya sastramu bersama Ayu Utami
 KPAD, 12/10/14
Kegiatan yang bertajuk Pameran Karya UKMP UM 2014 oleh mahasiswa dari UKM Penulis Universitas Negeri Malang digelar di hall lantai 3 Perpustakaan Umum Kota Malang. Gelaran selama 2 hari tersebut dibuka pada tanggal 11 Oktober 2014 dengan memberi pelatihan kepada peserta tentang Jurnalisme Sastrawi. Selanjutnya pada hari kedua, 12 Oktober 2014 dari hasil pelatihan Jurnalisme Sastrawi tersebut peserta diwajibkan untuk mengumpulkan essai atau tulisan bebas kepada panitia untuk selanjutnya dibedah oleh Ayu Utami, seorang penulis handal yang karyanya juga ada di Perpustakaan Umum Kota Malang, seperti Larung, Si Parasit lajang, Saman dan Bilangan Fu. Banyak peserta yang deg-degan ketika karyanya dibedah dan diulas di hadapan peserta lain. Mungkin inilah workshop yang memacu andrenalin dalam rangka menulis sastra, demikian pendapat salah satu peserta yang mengaku dari Jurusan Sastra. Pesan menarik justru dilontarkan oleh Ayu Utami sang penulis yang prihatin melihat kebiasaan anak muda sekarang yang suka nongkrong dibandingkan membaca atau menulis buku, bahkan menurut Ayu Utami, dirinya selalu memotivasi kepada penulis-penulis muda agar senantiasa melatih dengan cara membaca, membeli buku sastra dan menuangkan ide kreatif sastrawinya ke dalam karya tulis.

Santoso Mahargono
Foto: http://hannisaywhadd.blogspot.com/2014/10/media-rasa-sastra.html


Perpustakaan Umum kembali raih penghargaan, SKPD AIKID terbaik kota Malang
 Website resmi Perpustakaan Umum Kota Malang http://digilib.malangkota.go.id kembali menyabet penghargaan. Ya, Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) yang dihelat Dinas Komunikasi dan Informatika, akhirnya menetapkan Perpustakaan sebagai SKPD AIKID Terbaik, dan berhak membawa pulang, piala bergilir AIKID Kota Malang. Untuk kategori SKPD AIKID Terinovatif diraih Dinas Pendidikan, SKPD AIKID Terinteraktif diraih Dinas Kesehatan, sedangkan SKPD AIKID Terfavorit diraih oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.
Terima kasih atas dukungan semua pihak, pimpinan, staf dan karyawan serta masyarakat. Hal ini semakin memacu kami, untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat Malang Raya.
Jangan segan dan sungkan untuk selalu mengingatkan kami, mengkritik kami, segala sumbang saran Anda merupakan bentuk rasa peduli terhadap Perpustakaan ini.


Revolusi Mental dengan memperingati hari kunjung Perpustakaan
 KPAD News, 22/09/14
Revolusi mental diperoleh dari kegiatan membaca yang mampu membentuk karakter, dan hal tersebut dimulai dari membaca di Perpustakaan, demikian yang dipaparkan Welmin Sunyi Ariningsih, Deputi 1 Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional RI yang berkesempatan hadir dan memberikan sambutan pada acara Gebyar Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan di halaman Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Sambutan berikutnya yang disampaikan oleh Penny Indriani, selaku Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang menegaskan komitmennya bahwa pengenalan perpustakaan serta mendorong minat baca harus ditanamkan pada anak sejak usia dini dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan, misalnya koleksi yang baru, tempat bermain, free wifi, lomba minat baca serta acara dalam mendukung minat anak ke Perpustakaan. Acara yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia cabang Malang sengaja menggandeng pihak Perpustakaan Umum Kota Malang dalam rangka peringatan serentak Hari Kunjung Perpustakaan yang selalu di peringati setiap tanggal 14 September. Himpunan mahasiswa tersebut terdiri dari mahasiswa ilmu perpustakaan yang berada di kampus Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Negeri Malang. Tak kurang dari 130 anak diundang dalam rangka memeriahkan peringatan tersebut dengan lomba mewarnai yang dilanjutkan pawai di area car free day, aksi teatrikal tokoh bangsa membaca buku serta dongeng oleh Kak Azis bersama boneka Franklin. Keceriaan diwajah anak-anak ketika memperoleh tas dan buku dongeng dari book time yang berasal dari Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) Surabaya.


 
     
     Home | Berita | Kontak
    
     Copyright (C) 2013 Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang - Jawa Timur - Indonesia