ISO 9001:2008   fb twitter youtube Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang  
 
   
   
BERITA
 
 
Jalur searah di Semeru, pemustaka harus memutar bila hendak ke Perpustakaan
 Per hari ini, 26 Agustus 2014, jalur searah diuji coba di Jalan Semeru dan Jalan Kawi Kota Malang.
Singkatnya, untuk jalan Semeru, mulai perempatan Boldy/BCA, yaitu trafic light Jalan Semeru-Kahuripan sampai Jalan Ijen depan Perpustakaan, jalur searah diberlakukan dari arah timur ke barat saja.
Sedang untuk jalan Kawi, dari perempatan jalan Ijen/Bareng/Terusan Ijen, searah dari barat ke timur sampai perempatan jalan Merdeka/Alun-alun/Masjid Jami'.
Jadi, sekedar saran alternatif, untuk pemustaka dari arah barat/seputar jalan Ijen, bisa terus ke arah Jalan Kawi, belok kiri arah timur, kemudian setelah RS Melati Husada, bisa belok kiri, masuk jalan Taman Slamet, tembus masuk ke jalan Semeru, tinggal jalan sedikit, belok kanan untuk masuk ke Perpus.
Sedang dari arah timur, tentunya tidak ada masalah, karena jalur tetap ke arah barat.
Pihak Perpustakaan sendiri, masih menunggu proyek ujicoba ini, untuk mempertimbangkan pembukaan gerbang masuk Perpus di sisi barat, yaitu jalan Ijen, sehingga memudahkan akses masuk-keluar Perpustakaan.
Selamat jalan dan tetap berhati-hati di jalan.


Balai Pustaka batal ditutup....akhirnya
 Sebagaimana diberitakan di berbagai media sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, sempat berencana menutup PT. Balai Pustaka (Persero). Hal ini dikarenakan, perusahaan BUMN ini, yang dulu bernama PN Balai Pustaka, terus menerus merugi. Selain kurang efektifnya proses produksi, juga karena semakin sulitnya bersaing dengan media digital dan elektronik yang semakin banyak dan mudah diakses.
Batalnya penutupan Balai Pustaka, selain karena semakin membaiknya kinerja, juga karena desakan budayawan, yang sangat menyayangkan kalau aset pemerintah di bidang karya pustaka ini sampai ditutup dan hilang.
dikutip dari situs berita online yahoo,
http://id.berita.yahoo.com/diprotes-sastrawan,-balai-pustaka-urung-125935213.html,
"Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan urung menutup PT Balai Pustaka (Persero) karena menuai protes dari kalangan satrawan dan budayawan.

Dahlan mengungkapkan, kalangan satrawan dan budayawan menyesalkan kondisi Balai Pustaka yang hampir mati. "Sekarang sudah sehat, sudah bisa menerbitkan buku sastra," kata Dahlan, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Dahlan mengaku sempat berniat mematikan Balai Pustakan atas rekomendasi dari konsultan. Namun, karena menuai aksi protes dari para satrawan dan budayawan, Dahlan mengurungkan niat tersebut.

"Saya sudah ambil keputusan dulu, dari konsultan untuk dimatikan, tapi begitu saya umumkan untuk ditutupkan protes luar biasa dari budayawan dan sastrawan," ungkap dia.

Namun, saat ini kondisi perusahaan percetakan dan penerbitan buku plat merah tersebut sudah sehat. Hanya tinggal memperbaiki dari sisi keuangan.

"Karena elektronika sudah canggih, apakah masih bisa penerbit seperti Balai Pustaka diselamatkan, ternyata sekarang sudah sehat tinggal neraca masih negatif Rp 30 miliar dengan cara menyelesaikan seperti Jiwas Raya, labanya sudah Rp 5 miliar, sebagai pusaka bangsa Indonesia dan menjadi icon sastrawan bisa sehat kembali," pungkas dia."

Semoga sukses dan terus maju PT Balai Pustaka (Persero)


Website Perpustakaan juarai lomba website antar instansi se-kota Malang
 Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, dengan website http://digilib.malangkota.go.id, akhirnya menjuarai Lomba Website antar SKPD Kota Malang.
Melalui proses penjurian yang ketat, dengan berbagai kriteria dan juri independen dari media dan praktisi, akhirnya dipilih 5 pemenang yaitu Kantor Perpustakaan Umum sebagai juara I, Dinas Kesehatan juara II, Dinas Pendidikan meraih juara III, Dinas Kebersihan dan Pertamanan juara harapan I dan kecamatan Lowokwaru juara harapan II.
Semoga raihan prestasi ini semakin menambah semangat kami, untuk terus meningkatkan layanan bagi masyarakat Malang Raya dengan berbagai akses media.
Terima kasih kepada seluruh staf Perpustakaan, pemustaka dan pengunjung atas semua dukungannya.
Maju terus Perpus Kota Malang


Layanan Perpustakaan ditutup sementara
 Pemustaka sekalian, terhitung mulai tanggal 26 Juli 2014, Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, menutup semua layanan. Hal ini berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama. Bersamaan dengan libur tersebut, Perpustakaan juga sekaligus melaksanakan stock opname terhadap semua koleksi.
Rincian agenda penutupan layanan Perpustakaan :
26 Juli - 3 Agustus 2014, layanan ditutup, libur hari raya dan cuti bersama
4 - 10 Agustus 2014, stock opname koleksi, hanya membuka layanan pengembalian
11 Agustus 2014 dan seterusnya, layanan dibuka penuh seperti biasa
Demikian pengumuman dari Perpus Kota Malang, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.
Terima kasih


Gampangnya perpanjangan pinjaman buku online
 Hai, pemustaka dan anggota Perpustakaan Kota Malang
Sekedar mengingatkan saja, bagi member alias anggota Perpus yang sudah mengaktifkan layanan member on-line, bisa perpanjang pinjaman sendiri on-line lho.
Jadi, perpanjangan pinjaman buku, gak perlu datang ke Perpus, login saja ke website digilib.malangkota.go.id dengan memakai nomor anggota dan password yang bisa disetting sendiri. Mudah kan??
Selain ada fasilitas perpanjangan pinjaman on-line, juga bisa cek tagihan/pinjaman buku dan isi mailbox. Efisien kan?
Ayo, bagi angota yang belum mengaktifkan member on-line, segera deh ke Perpus. Bisa ke konter Pendaftaran anggota atau ke bagian pengembalian buku. Gratis....


Pameran dan bursa Anggrek 2014 di Perpus Kota Malang
 Pemustaka dan pengunjung Perpustakaan Umum Kota Malang, dalam beberapa hari kedepan, akan dimanjakan dengan pemandangan segar dan indah di area parkir Perpus. Ada apa???
Ya, kembali digelar, Pameran dan Bursa Anggrek di halaman Perpus. Hajatan yang beberapa tahun belakangan sempat vakum itu kembali digelar Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) cabang Malang bekerjamasa dengan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang.
Even bertajuk resmi "Malang Orchid Show 2014" ini akan berlangsung selama 9 hari, dimulai tanggal 26 April sampai dengan 4 Mei 2014.
Ada apa aja sih disitu? Selain pameran dan bursa anggrek, juga digelar lomba anggrek, lomba mewarnai anggrek dan bursa flora-fauna lain serta aneka produk.
Jadi, jangan sampai dilewatkan ya...siapa tahu Anda beruntung, dapat anggrek bagus dengan harga murah, betull???
Selamat dan sukses Malang Orchid Show 2014


Sejuta Buku bersama Moamar Emka
 KPAD News, (13/04/14)
Masih ingat sebuah buku yang menghebohkan berbagai kalangan di Indonesia? ya, Jakarta Undercover, sebuah buku yang secara lugas dan vulgar menceritakan kondisi nyata kehidupan malam di Jakarta yang dibumbui oleh kisah-kisah keseharian di rumah petak atau kost di Jakarta yang dipenuhi dengan prostitusi terselubung. Penulis Jakarta Undercover, Moeammar Emka, dijadwalkan hadir pada gelaran yang bertajuk "Pesta Malang Sejuta Buku 2014" pada tanggal 14-20 April 2014 di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Kegiatan ini sepenuhnya diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT Seabad Kota Malang serta peringatan Harlah NU ke-88. Berbagai even digelar dalam Pesta Malang Sejuta Buku ini, antara lain: Sarasehan budaya, Talkshow, Bedah buku, Malam apresiasi seni, Bincang sastra, dan penjualan buku. Tak lupa menghadirkan bintang tamu antara lain: Alvin Adam (Pembawa acara Just Alvin), Nurel Javissyarqi, Moeammar Emka (Penulis Jakarta Undercover). Selain itu juga diselenggarakan lomba-lomba antara lain: Tartil Al-Quran, Pildacil, Musik akustik, Menyanyi, Mewarnai, Menggambar, Baca puisi, dan Fashion show busana muslim. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi: 085736038383, 085785288714, 085649009822, 089650765777, FB: Pameran Buku, Twitter: @PameranBuku.


Tersedia jurnal online/e-book gratis di Perpustakaan Kota Malang
 Anda sedang cari jurnal atau e-book? Cari yang full, bisa dibaca, bahkan didownload dan disimpan?
Nah, meski agak basi, Anda bisa menggunakan link di website Perpustakaan Kota Malang. Tersedia 36 judul yang bisa dipergunakan secara gratis. Fasilitas ini terbatas dipergunakan di area Perpustakaan Umum Kota Malang. Silakan klik icon link IGI Global di website resmi kami melalui akses free WiFi di Perpus.
Silakan memanfaatkan fasilitas ini secara GRATIS...


Juara Lomba Mendongeng disabet oleh siswi MIN 2 Malang
 KPAD News, (29/03/14)
Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Seabad Kota Malang sebuah kegiatan lomba diselenggarakan di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Tak kurang 50 anak tingkat SD mengikuti Lomba Mendongeng Tingkat SD se-Kota Malang Tahun 2014 sejak pagi pukul 09.00 hingga selesai sekaligus pengumuman pemenang pada pukul 15.00 WIB. Pada gelaran lomba mendongeng kali ini juara pertama diboyong oleh anak didik dari MIN 2 Malang, Royyan Nishar. Dewan juri yang terdiri dari pendongeng dan pengajar kesenian tersebut sepakat memberikan skor tertinggi untuk siswa dari MIN 2 Malang tersebut. Selanjutnya juara pertama tersebut berhak untuk mewakili Kota Malang pada Lomba Mendongeng yang akan diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Selain itu sebagai juara pertama, Royyan juga memperoleh uang pembinaan guna memotivasi dalam kemampuan mendongengnya, sehingga pada masa yang akan datang akan menjadi anak yang memiliki bakat mendongeng bagi upaya mendorong minat baca. Penyerahan hadiah juara pertama lomba mendongeng ini langsung diserahkan oleh Walikota Malang Moch. Anton atau yang akrab disapa Abah Anton pada Upacara Peringatan HUT Seabad Kota Malang di Balaikota tanggal 1 April 2014.


SMAN 3 Pemenang Lomba Uji Cerdas se-Kota Malang
 KPAD News, (27/03/14)
Gelaran lomba yang masih baru dan tergolong sebagai lomba berbasis gemar membaca telah diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang pada Kamis (27/03) lalu. Lomba Uji Cerdas Tingkat SLTA se-Kota Malang Tahun 2014, demikian tajuk lomba tersebut. Sebanyak 150 siswa SLTA dari berbagai SMA, SMK dan MA di Kota Malang harus berjibaku melewati babak lomba secara ketat. Babak penyisihan yang diawali dengan ujian tulis ini mampu menyisakan 9 besar regu yang lolos ke semi final. Selanjutnya dari 9 regu tersebut masih bertarung hingga tersisa 6 regu dengan juara pertamanya diraih oleh regu dari SMAN 3 Malang. Lomba yang diakhiri dengan pengumuman juara tersebut sontak membuat Aji dan kawan-kawan melakukan sujud syukur sebagai tanda terima kasih kepada Allah SWT atas prestasi yang diraih pada hari itu. Selanjutnya Aji dan kawan-kawan dari SMAN 3 Malang tersebut berhak menerima hadiah yang diserahkan langsung oleh Walikota Malang, Abah Anton, demikian akrab disapa, pada acara Peringatan HUT Seabad Kota Malang di Balaikota pada tanggal 1 April 2014.


 
     
     Home | Berita | Kontak
    
     Copyright (C) 2013 Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang - Jawa Timur - Indonesia